Kamis, 28 Mei 2015

 Jika berkunjung ke Sumbawa dan ingin menikmati madu Sumbawa di desa sekitar hutan, maka datang saja ke Desa Batudulang. KPHP Batulanteh bersama Jaringan Madu Hutan Sumbawa dan pemerintah Desa Batudulang berikhtiar untuk menjadikan Batudulang sebagai Desa madu Sumbawa. Di Batudulang berbagai kelompok telah disiapkan untuk menyambut tamu, misalnya KUB Sumber Alam dan Koperasi Hutan Lestari Desa Batudulang.
Sesungguhnya telah banyak tamu yang berkunjung ke desa ini. Akan tetapi kunjungan rombongan BPPT Jakarta tanggal 7 Mei 2015 ini ingin mengetahui tentang madu Sumbawa. Hal tersebut setelah mendengar presentasi Bapak Julmansyah Kepala KPHP Batulanteh dan juga Fasilitator JMHS, membuat para ilmuan Indonesia tertarik untuk mengetahui lebih jauh.

Salah satu anggota tim BPPT yakni Dr. Gigih Atmaji mengakui sangat tertarik untuk mengembangkan berbagai produk madu Sumbawa. Gigih Atmaji kemudian menyampaikan bahwa input teknologi terkait dengan misalnya pengurangan kadar air.

Menurut Julmansyah, Desa Batudulang akan dijadikan sebagai Pusat Pembelajaran Produk Hasil Hutan Madu Sumbawa. Dimana di desa ini ada proses panen hingga pasca panen madu Sumbawa. Termasuk pemasarannya dengan adanya outlet milik kelompok yang telah ada disana, ujarnya.

Sebuah inovasi dalam model pemberdayaan masyarakat, dimana ada proses pengembangan masyarakat yang berbasis pengetahuan masyarakat setempat. KPHP Batulanteh akan ikut mengawal model ini kedepan.



1 komentar:

  1. Hallo, Artikel yang menarik. Apabila anda membutuhkan Distributor Madu Asli anda bisa kunjungi link disamping. Temukan juga tips -tips lainnya seputar madu

    BalasHapus